Salam Persahabatan

SAMPAIKAN KOMENTAR ANDA

Kamis, 26 Juli 2012

PERJALANAN ITU...

Selalu ada sesuatu yang bergetar ketika mengunjungi makam Mami, Bapak dan Mbah, melihat rumah jaman dulu dg segala suasananya yg sudah jauh berbeda.   Makam semakin tak terurus, rumah peninggalan mbah tinggal puing, rumah tempat aku tinggal pun sudah tak bersinar lagi, redup.... seperti para penghuninya dulu yg sudah mengisi ruang2 kosong kehidupan selanjutnya.....
pembicaraan dalam keluarga untuk membuat benteng rumah tak pernah selesai dari tahun ke tahun, aku selalu berdoa agar aku punya rizki berlebih dan membangun benteng rumah ini  agar tak habis dimakan tetangga.
Terlalu banyak sejarah kepahitan yg terpatri, sehingga terkadang membuatku tak betah berlama-lama disini, tapi disini aku belajar menahan segala keinginan, belajar menahan kerinduan.   Makan bagiku sebatas kebutuhan sudah tidak lagi sebuah keinginan, karena percuma aku punya keinginan pun tak kan pernah dapat terpenuhi, rindu pada Mami yg telah tiada pun hanya bisa ditahan dg doa penuh deraian airmata, rindu pada belaian kasihsayang Ibu adalah impian yang semu, dan... perlahan aku belajar menahan semua keinginan dan menjalani kehidupan sesuai dengan kebutuhan saja....
Masa lalu memberiku banyak pelajaran berharga, walaupun sisi buruknya aku jadi seperti tidak punya keinginan, semua diikuti sesuai dengan air mengalir saja, kalaupun ada keinginan dan terbentuk dg suatu keadaan aku seperti lebih baik mengalah dan mengubur keinginan.....
Namun, aku melihat sisi baiknya jauh lebih banyak, seperti ketika akhirnya aku harus menjalani pernikahan, aku hanya menyerahkan yang terbaik menurut-Nya, bukan menurut keinginanku, walau dg perjuangan panjang, akhirnya pernikahan itu berjalan
Dan tentu saja, aku jadi lebih bisa menahan keinginan dan lebih mendahulukan kebutuhan
Tentu, pengalamann pahit dan getir akan menjadi sebuah pengalaman berharga manakala kita dapat menyikapinya dengan penuh kesabaran....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya